Langsung ke konten utama

Pinned Post

#Kumpulan Latihan Soal AKMI Lengkap, Lihat Disini !

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Asesmen kompetensi adalah salah satu elemen kunci dalam memastikan kualitas pendidikan. Di Indonesia, Madrasah, atau lembaga pendidikan Islam, juga berusaha untuk memahami sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia adalah alat yang penting dalam menilai pencapaian siswa, mengukur efektivitas pengajaran, dan meningkatkan mutu pendidikan Islam di negara ini. Madrasah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terpenting di Indonesia, memiliki peran yang signifikan dalam mempersiapkan generasi muda Muslim yang berkompeten dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, asesmen kompetensi menjadi instrumen yang sangat penting untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai dengan baik. Asesmen kompetensi di Madrasah Indonesia mencakup beberapa aspek kunci: Pengukuran Kemampuan Akademik: Asesmen ini mencakup pengukuran kemampuan siswa dalam mata pelajaran in

Modul PPG Fikih Lengkap

Indonesia, selaku sebuah negara kepulauan yang punya lokasi geografis begitu luas dan beraneka, punyai kendala khusus berkaitan usaha kenaikan kwalitas guru. Guru adalah garda paling depan dalam sebuah prosedur pengajaran. Betapapun hebat prinsip pengajaran direncanakan, tanpa ada dibarengi oleh guru yang berpengalaman, karenanya cuman menjadi wawasan tanpa ada aktualisasi yang maksimum. Lewat kata lain kualitas guru adalah kunci inti kualitas pengajaran.

Modul PPG FIQIH

Hingga waktu ini masihlah banyak daerah di Indonesia yang mempunyai kekurangan akses. Tempat sesuai ini sering kali dikatakan sebagai wilayah pribadi. Minim ini berefek dalam proses penambahan mutu guru yang bekerja di tempat itu. 

Kurangnya jaringan komunikasi dan beratnya jarak menempuh membuat banyak guru wilayah khusus (gurdasus) relatif susah untuk ikuti kemajuan pengajaran sebagai usaha menaikkan profesionalitasnya.Permasalahan ini jadi kian riil ketika bukti membuktikan kalau banyak gurdasus tak sanggup melebihi passing grade yang direncanakan dalam tes pengetahuan (UP) sebagai sisi dari Tes Kapabilitas Mahasiswa Peningkatan Pekerjaan Guru (UKMPPG) sebagai kriteria test profesionalitasinya.

Soal ini bukan kesulitan yang simpel, karena kelulusan dalam UP UKMPPG sebagai satu diantara sinyal guru dijelaskan professional. Dengan demikian, pemerintahan lewat Direktorat Jenderal Guru serta Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemendikbud) udah mengerjakan bermacam usaha untuk menaikkan profesionalitas gurdasus. Salah satunya cara yang dicapai pemerintahan ialah lakukan pembikinan sumber belajar untuk gurdasus berbentuk "Bahan Pengayaan dan Remedi". Produk ini akan diciptakan berbentuk buku serta dibagi untuk seluruhnya gurdasus yang masih belum lulus UP UKMPPG. 

Lewat buku ini diharap guru bisa berproses secara berdikari atau terbimbing buat menambah profesionalitasnya. Lebih jauh, lewat sumber belajar buku "Bahan Pengayaan dan Remedi" ini, guru diharap akan terpacu untuk selalu belajar pada usaha mempertingkat kekuatan dan profesionalitasnya.

Sesudah itu, buku ini tentunya miliki kekurangan ingat luasnya lingkup keilmuan yang mestinya ditempatkan. Pendekatan training yang dibuntel dalam buku ini berbasiskan di kisi-kisi masalah UP. Buku "Bahan Pengayaan dan Remedi" ditambahkan dengan 2 jilid buku pengiring yang berisi sejumlah soal latihan menjadi pengayaan tambahan. Dikehendaki, guru tidak cuma gunakan sebuah sumber buku ini tapi bisa membuka beragam beberapa sumber simpatisan yang lain. 

Karena itu diharap kapabilitas guru bakal bertambah yang pada akhirannya bakal berpengaruh pada penambahan kualitas pengajaran jadi simpatisan pergerakan proses pembangunan bangsa. Tak lupa, kami katakan banyak terima kasih terhadap seluruh pihak yang berperan dalam penataan buku ini. Semuanya usaha keras dan sumbangsih dari beberapa faksi dalam penuntasan buku ini adalah wujud kesadaran bersama jika penambahan kualitas di beberapa daerah khusus sebagai satu diantaranya kunci pembangunan bangsa keseluruhannya.

MODUL PPG KEMENAG
Modul PPG Fiqih 1 Modul 1
Modul PPG Fiqih 2 Modul 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023-2024 Lengkap, Lihat Disini !

Kalender Pendidikan merupakan pengaturan untuk waktu dalam proses belajar mengajar pada satuan pendidikan dengan periode satu tahun pembelajaran. Kalender Pendidikan ini berisikan tentang tanggal tahun pembelajaran baru, jumlah minggu efektif dalam satu tahun ajaran dan hari-hari libur besar. LIHAT KALENDER PENDIDIKAN Pada tahun ajaran baru yang mana dimulainya kegiatan dan proses belajar mengajar di setiap awal semester, selain itu juga minggu efektif pada belajar merupakan banyaknya minggu pada kegiatan proses belajar mengajar dalam satu tahun ajaran. 

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 10 Lengkap !

Ide Merdeka dalam Belajar ialah pendekatan pendidikan yang berikan kebebasan ke peserta didik untuk ambil peranan aktif pada proses evaluasi mereka. Merdeka dalam kerangka ini merujuk pada kebebasan cendekiawan, kreasi, dan otonomi saat belajar. Pada pendekatan tradisionil, proses evaluasi kerap kali memiliki sifat otoriter, di mana guru berperanan sebagai kewenangan tunggal yang sampaikan pengetahuan ke peserta didik. Tetapi, pendekatan Merdeka dalam Belajar mengganti dinamika ini dengan berikan ruangan untuk peserta didik untuk menyampaikan beberapa ide mereka, ajukan pertanyaan, dan mengeruk pengetahuan secara berdikari. Salah satunya faktor penting pada ide Merdeka dalam Belajar ialah pemberian tanggung-jawab ke peserta didik atas proses evaluasi mereka sendiri. Mereka didorong menjadi pimpinan dalam perolehan arah evaluasi mereka. Guru berperanan sebagai fasilitator dan pembina, berikan tutorial, sumber daya, dan support yang dibutuhkan, tetapi berikan kebebasan ke peserta didik u

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7 Lengkap !

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Unit Pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar sebagai ide pendidikan yang mempunyai tujuan untuk memberi kebebasan ke peserta didik dalam tentukan jalannya proses evaluasi. Dalam implikasinya, kurikulum ini berikan kelonggaran untuk pelajar untuk tentukan opsi mata pelajaran, sistem evaluasi, dan pengalaman belajar yang sesuai ketertarikan, talenta, dan keperluan pribadi mereka. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada unit pendidikan jadi cara penting pada membuat bertambah pengalaman belajar peserta didik dan berikan imbas positif pada evaluasi. LIHAT PERANGKAT IKM KELAS 7 Salah satunya faktor kunci dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ialah pemberian kebebasan pemilihan mata pelajaran. Peserta didik diberi kelonggaran untuk pilih mata pelajaran yang sesuai ketertarikan dan kekuatan mereka.