#Jurnal Ramadhan 1444 Hijriyah, Siap Cetak !

Bulan Ramadhan ialah bulan yang penuh karunia dan berkah untuk kaum muslim di penjuru dunia. Bulan ini diisi beragam aktivitas religius dan aktivitas sosial yang perkuat iman dan persaudaraan antara kaum muslim. 

Jurnal Ramadhan 1444 Hijriyah, Siap Cetak !

Beragam aktivitas diselenggarakan oleh pribadi, barisan, organisasi, dan instansi di penjuru dunia untuk mengingati bulan Ramadhan dan menghargai berkah yang ada didalamnya. Salah satunya aktivitas yang kerap dilaksanakan di bulan Ramadhan ialah membuat jurnal aktivitas Ramadhan.

Jurnal aktivitas Ramadhan ialah sebuah catatan yang berisi mengenai aktivitas yang sudah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan. Aktivitas yang ditulis dalam jurnal ini bisa berbentuk aktivitas beribadah, aktivitas sosial, aktivitas inovatif, dan aktivitas yang lain yang sudah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan. Jurnal ini bisa diisi sehari-harinya untuk menulis tiap aktivitas yang sudah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan.

Faedah membuat jurnal aktivitas Ramadhan untuk ingat dan mencerminkan aktivitas yang sudah dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Disamping itu, jurnal ini bisa jadi sebuah bukti dan pengingat atas apakah yang sudah dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan hingga kita bisa menilai diri sendiri dan membenahi aktivitas kita pada Ramadhan selanjutnya.

Berikut ialah beberapa aktivitas yang bisa ditulis dalam jurnal aktivitas Ramadhan:

Beribadah
Salah satunya aktivitas khusus yang sudah dilakukan di bulan Ramadhan ialah beribadah. Menulis tiap beribadah yang sudah dilakukan seperti sholat, tarawih, qiyamul lail, membaca Al-Quran, dan sebagainya bisa menolong kita untuk mengawasi dan tingkatkan kualitas beribadah kita sepanjang bulan Ramadhan.

Aktivitas sosial
Bulan Ramadhan sebagai waktu yang pas untuk share dengan sama-sama. Aktivitas sosial seperti membagi makanan sahur dan buka puasa ke orang yang memerlukan, berkunjung panti bimbingan dan rumah sakit, dan sebagainya bisa ditulis dalam jurnal aktivitas Ramadhan.

Aktivitas inovatif
Selainnya beribadah dan aktivitas sosial, bulan Ramadhan bisa diisi aktivitas inovatif seperti menulis puisi, membuat kreasi seni, ikuti lomba dan persaingan, dan sebagainya. Aktivitas inovatif yang sudah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan bisa dijadikan pengalaman dan ide untuk membikin kreasi yang lebih bagus pada Ramadhan selanjutnya.

Penilaian dan Refleksi
Selainnya menulis aktivitas yang sudah dilakukan, jurnal aktivitas Ramadhan bisa dipakai untuk menilai dan mencerminkan diri sepanjang bulan Ramadhan. Kita bisa tuliskan kelebihan serta kekurangan yang kita punyai dan membuat gagasan untuk mengoreksi diri pada Ramadhan selanjutnya.

Membuat jurnal aktivitas Ramadhan bisa menolong kita untuk ingat dan mencerminkan aktivitas yang sudah dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Disamping itu, jurnal ini bisa jadi sebuah dokumentasi yang berguna untuk diingat di masa datang. 

Berikut ialah beberapa panduan untuk membikin jurnal aktivitas Ramadhan:

Tentukan tipe jurnal yang sama sesuai
Ada beberapa macam jurnal yang bisa diputuskan, seperti jurnal catat tangan, jurnal digital, atau program jurnal. Tentukan tipe jurnal yang sesuai opsi dan style penulisan kita.

Persiapkan jurnal saat sebelum bulan Ramadhan
Persiapkan jurnal saat sebelum bulan Ramadhan diawali supaya kita bisa menulis aktivitas semenjak awalnya bulan. Kita bisa menambah daftar sasaran dan keinginan kita sepanjang bulan Ramadhan pada jurnal itu.

Tulis aktivitas tiap hari
Tulis tiap aktivitas yang sudah dilakukan sehari-harinya. Janganlah lupa untuk tuliskan waktu dan tempat aktivitas dan kesan-kesan dan pengalaman yang dirasa sepanjang aktivitas itu dilaksanakan.

Penilaian dan Refleksi
Sesudah bulan Ramadhan usai, penilaian dan refleksikan aktivitas yang sudah dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Tulis kelebihan serta kekurangan kita dan buat gagasan untuk mengoreksi diri pada Ramadhan selanjutnya.

Dalam ringkasannya, membuat jurnal aktivitas Ramadhan bisa jadi sebuah fasilitas untuk mencerminkan dan ingat tiap aktivitas yang sudah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan. Jurnal ini bisa menolong kita untuk menilai diri dan membenahi aktivitas kita pada Ramadhan selanjutnya. Mudah-mudahan kita bisa manfaatkan bulan Ramadhan dengan sebagus-baiknya dan tingkatkan kualitas hidup kita sebagai seorang muslim.

Berikut Jurnal Ramadhan 1444 Hijriyah, Siap Cetak dapat dilihat pada tabel informasi di bawah ini:

No Ramadhan 1444 H File
1 Jurnal Ramadhan Siap Cetak Lihat Disini

Baca juga:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak