Langsung ke konten utama

Pinned Post

#Kumpulan Latihan Soal AKMI Lengkap, Lihat Disini !

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Asesmen kompetensi adalah salah satu elemen kunci dalam memastikan kualitas pendidikan. Di Indonesia, Madrasah, atau lembaga pendidikan Islam, juga berusaha untuk memahami sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia adalah alat yang penting dalam menilai pencapaian siswa, mengukur efektivitas pengajaran, dan meningkatkan mutu pendidikan Islam di negara ini. Madrasah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terpenting di Indonesia, memiliki peran yang signifikan dalam mempersiapkan generasi muda Muslim yang berkompeten dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, asesmen kompetensi menjadi instrumen yang sangat penting untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai dengan baik. Asesmen kompetensi di Madrasah Indonesia mencakup beberapa aspek kunci: Pengukuran Kemampuan Akademik: Asesmen ini mencakup pengukuran kemampuan siswa dalam mata pelajaran in

Jadwal Terbaru Pelaksanaan Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2023, Update Lihat Disini !

Pemerintahan Indonesia sudah umumkan penyeleksian Karyawan Pemerintahan dengan Kesepakatan Kerja (PPPK) tehnis di tahun 2023. Penyeleksian ini mempunyai tujuan untuk isi status tehnis di beberapa lembaga pemerintahan, seperti Tubuh Pusat Statistik, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan, dan Kementerian Tugas Umum dan Perumahan Masyarakat.

Jadwal Terbaru Pelaksanaan Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2023, Update Lihat Disini !

Sebagai calon peserta penyeleksian PPPK tehnis 2023, kamu perlu pahami syarat, tingkatan penyeleksian, dan panduan untuk hadapi penyeleksian secara baik. Berikut penuturannya:

Syarat Penyeleksian PPPK Tehnis 2023

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimum 20 tahun dan optimal 35 tahun di tanggal 1 Januari 2023.
  3. Pendidikan minimum Diploma III/Sarjana (S1) yang sesuai keperluan lembaga pemerintahan.
  4. Memiliki sertifikat simpatisan, seperti sertifikat ketrampilan, sertifikat kapabilitas, atau sertifikat karier yang berkaitan dengan status yang dilamar.
  5. Tidak sebelumnya pernah dijatuhi hukuman penjara atau kurungan berdasar keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena lakukan tindak pidana yang ditunjukkan dengan surat info dari kepolisian di tempat.
  6. Tidak sebelumnya pernah dihentikan secara tidak hormat sebagai Karyawan Negeri Sipil (PNS) atau mungkin tidak dengan hormat sebagai prajurit TNI atau anggota Polri.
  7. Tidak jadi anggota atau pengurus parpol atau turut serta dalam aktivitas politik ringkas.

Tingkatan Penyeleksian PPPK Tehnis 2023

  • Pendaftaran: Calon peserta harus mendaftarkan lewat cara online lewat situs sah yang disiapkan oleh pemerintahan. Registrasi dibuka di tanggal 1-31 Maret 2023.
  • Seleksi Administrasi: Calon peserta akan jalani penyeleksian administrasi, yakni klarifikasi arsip dan penyeleksian arsip.
  • Seleksi Kapabilitas Dasar (SKD): Calon peserta yang bisa lolos penyeleksian administrasi akan ikuti SKD yang terbagi dalam test kapabilitas sektor dan test karakter individu.
  • Seleksi Kapabilitas Sektor (SKB): Calon peserta yang bisa lolos SKD akan ikuti SKB yang terbagi dalam test tercatat dan test praktek sektor.
  • Seleksi Kesehatan dan Administrasi: Calon peserta yang bisa lolos SKB akan jalani penyeleksian kesehatan dan administrasi, yakni test kesehatan dan klarifikasi document.

Panduan Hadapi Penyeleksian PPPK Tehnis 2023

  1. Persiapkan Diri dengan Baik: Saat sebelum ikuti penyeleksian, pastikanlah kamu sudah menyiapkan diri secara baik. Dalami materi test, penilaian kekuatanmu, dan memperbanyak latihan masalah.
  2. Perhatikan Batasan Waktu: Sepanjang proses penyeleksian, pastikanlah kamu memerhatikan batasan saat yang diberi. Tidak boleh kelamaan pikirkan satu masalah atau satu test, hingga kamu mempunyai saat yang cukup buat menuntaskan semua test.
  3. Tingkatkan Kekuatan Komunikasi: Salah satunya hal yang dites dalam penyeleksian PPPK tehnis ialah kekuatan komunikasi. Tambahkan kekuatanmu dalam berbicara dengan membaca banyak buku, melihat video atau ikuti training yang tepat.
  4. Tetap Tenang dan Konsentrasi: Sepanjang ikuti penyeleksian, pastikanlah kamu masih tetap tenang dan konsentrasi pada tiap masalah atau test yang diberi. Tidak boleh terlampau cepat berasa patah semangat atau grogi, karena ini bisa memengaruhi fokus dan performmu dalam ikuti penyeleksian.
  5. Periksa Kembali Jawaban: Saat sebelum memberikan helai jawaban, pastikanlah kamu sudah mengecek kembali tiap jawaban yang sudah kamu isi. Memastikan tidak ada kekeliruan atau
  6. Mempersiapkan Document dengan Baik: Pastikanlah kamu sudah menyiapkan document yang diperlukan untuk penyeleksian, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat simpatisan, dan document yang lain. Lihat ketetapan dan syarat yang diberi oleh lembaga pemerintahan.

Sebagai ringkasan, penyeleksian PPPK tehnis 2023 sebagai peluang yang bagus untuk kamu yang ingin berkarier di lembaga pemerintahan. Dengan menyiapkan diri secara baik, konsentrasi dan tenang saat ikuti penyeleksian, dan penuhi syarat dan ketetapan yang berjalan, kamu mempunyai peluang untuk raih status yang kamu mimpikan.

Berikut Jadwal Terbaru Pelaksanaan Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2023, Update dapat dilihat pada tabel informasi di bawah ini:

UPDATE JADWAL SELEKSI PPPK 2023 Drive Info
Info Penyesuaian Jadwal Seleksi PPPK Teknis Download

Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023-2024 Lengkap, Lihat Disini !

Kalender Pendidikan merupakan pengaturan untuk waktu dalam proses belajar mengajar pada satuan pendidikan dengan periode satu tahun pembelajaran. Kalender Pendidikan ini berisikan tentang tanggal tahun pembelajaran baru, jumlah minggu efektif dalam satu tahun ajaran dan hari-hari libur besar. LIHAT KALENDER PENDIDIKAN Pada tahun ajaran baru yang mana dimulainya kegiatan dan proses belajar mengajar di setiap awal semester, selain itu juga minggu efektif pada belajar merupakan banyaknya minggu pada kegiatan proses belajar mengajar dalam satu tahun ajaran. 

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 10 Lengkap !

Ide Merdeka dalam Belajar ialah pendekatan pendidikan yang berikan kebebasan ke peserta didik untuk ambil peranan aktif pada proses evaluasi mereka. Merdeka dalam kerangka ini merujuk pada kebebasan cendekiawan, kreasi, dan otonomi saat belajar. Pada pendekatan tradisionil, proses evaluasi kerap kali memiliki sifat otoriter, di mana guru berperanan sebagai kewenangan tunggal yang sampaikan pengetahuan ke peserta didik. Tetapi, pendekatan Merdeka dalam Belajar mengganti dinamika ini dengan berikan ruangan untuk peserta didik untuk menyampaikan beberapa ide mereka, ajukan pertanyaan, dan mengeruk pengetahuan secara berdikari. Salah satunya faktor penting pada ide Merdeka dalam Belajar ialah pemberian tanggung-jawab ke peserta didik atas proses evaluasi mereka sendiri. Mereka didorong menjadi pimpinan dalam perolehan arah evaluasi mereka. Guru berperanan sebagai fasilitator dan pembina, berikan tutorial, sumber daya, dan support yang dibutuhkan, tetapi berikan kebebasan ke peserta didik u

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7 Lengkap !

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Unit Pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar sebagai ide pendidikan yang mempunyai tujuan untuk memberi kebebasan ke peserta didik dalam tentukan jalannya proses evaluasi. Dalam implikasinya, kurikulum ini berikan kelonggaran untuk pelajar untuk tentukan opsi mata pelajaran, sistem evaluasi, dan pengalaman belajar yang sesuai ketertarikan, talenta, dan keperluan pribadi mereka. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada unit pendidikan jadi cara penting pada membuat bertambah pengalaman belajar peserta didik dan berikan imbas positif pada evaluasi. LIHAT PERANGKAT IKM KELAS 7 Salah satunya faktor kunci dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ialah pemberian kebebasan pemilihan mata pelajaran. Peserta didik diberi kelonggaran untuk pilih mata pelajaran yang sesuai ketertarikan dan kekuatan mereka.