Langsung ke konten utama

Pinned Post

#Kumpulan Latihan Soal AKMI Lengkap, Lihat Disini !

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Asesmen kompetensi adalah salah satu elemen kunci dalam memastikan kualitas pendidikan. Di Indonesia, Madrasah, atau lembaga pendidikan Islam, juga berusaha untuk memahami sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia adalah alat yang penting dalam menilai pencapaian siswa, mengukur efektivitas pengajaran, dan meningkatkan mutu pendidikan Islam di negara ini. Madrasah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terpenting di Indonesia, memiliki peran yang signifikan dalam mempersiapkan generasi muda Muslim yang berkompeten dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, asesmen kompetensi menjadi instrumen yang sangat penting untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai dengan baik. Asesmen kompetensi di Madrasah Indonesia mencakup beberapa aspek kunci: Pengukuran Kemampuan Akademik: Asesmen ini mencakup pengukuran kemampuan siswa dalam mata pelajaran in

Kumpulan Aplikasi Penilaian Harian K13 Lengkap !

Penilaian harian siswa merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dalam proses belajar. Dalam kurikulum 2013, penilaian harian siswa dilakukan dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.

Kumpulan Aplikasi Penilaian Harian K13 Lengkap !

Penilaian harian siswa dalam kurikulum 2013 dilakukan dengan cara yang lebih fleksibel dan tidak selalu menggunakan tes tertulis sebagai satu-satunya alat penilaian. Penilaian harian dapat dilakukan dengan observasi, tes lisan, tes tertulis, atau bentuk lain yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Penilaian harian juga dilakukan secara berkelanjutan dan tidak hanya dilakukan pada akhir periode saja. Hal ini dilakukan agar siswa dapat segera mengetahui kelemahan dan kekurangan mereka sehingga dapat segera diperbaiki.

Selain itu, penilaian harian juga dilakukan dengan menggunakan kriteria yang jelas dan terukur. Kriteria yang digunakan dalam penilaian harian harus sesuai dengan indikator yang telah ditentukan dalam kurikulum 2013.

Penilaian harian siswa juga harus dilakukan dengan objektif dan tanpa diskriminasi. Guru harus memberikan nilai yang sesuai dengan prestasi siswa, tanpa memperhatikan aspek-aspek seperti status sosial, jenis kelamin, atau latar belakang siswa.

Secara keseluruhan, penilaian harian siswa dalam kurikulum 2013 lebih menitikberatkan pada proses belajar siswa dan bukan hanya pada hasil belajar saja. Dengan cara ini, siswa dapat lebih terlibat dalam proses belajar dan merasa lebih memiliki tanggung jawab atas perkembangan belajar mereka.

Penilaian harian siswa merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dalam proses belajar. Dalam melakukan penilaian harian, guru harus menggunakan metode yang tepat dan objektif agar hasil penilaian dapat diandalkan. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian harian kepada siswa:
  1. Buat kriteria penilaian yang jelas dan terukur. Kriteria yang digunakan dalam penilaian harus sesuai dengan indikator yang telah ditentukan dalam kurikulum.
  2. Gunakan beragam metode penilaian. Selain tes tertulis, gunakan juga observasi, tes lisan, atau bentuk lain yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
  3. Jangan lupa untuk memberikan umpan balik kepada siswa. Umpan balik dapat berupa komentar atau saran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi.
  4. Lakukan penilaian secara berkelanjutan. Penilaian harian tidak hanya dilakukan pada akhir periode saja, melakukan penilaian secara berkelanjutan dapat membantu siswa dalam mengetahui kelemahan dan kekurangan mereka sehingga dapat segera diperbaiki.
  5. Jangan diskriminatif dalam memberikan nilai. Guru harus memberikan nilai yang sesuai dengan prestasi siswa, tanpa memperhatikan aspek-aspek seperti status sosial, jenis kelamin, atau latar belakang siswa.
  6. Jangan lupa untuk memberikan nilai kompetensi sikap. Dalam kurikulum 2013, nilai kompetensi sikap juga diperhitungkan dalam penilaian harian, jadi jangan lupa untuk memberikan nilai pada aspek ini.
  7. Perlakukan setiap siswa secara individual. Tiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda, jadi perlakukan setiap siswa secara individual dalam penilaian harian.
  8. Jangan terlalu keras dalam memberikan nilai. Penilaian harian juga merupakan bagian dari proses belajar, jangan terlalu keras dalam memberikan nilai agar siswa tidak merasa tertekan dan tetap semangat belajar.
Secara keseluruhan, penilaian harian siswa merupakan proses yang penting dalam proses belajar, guru harus melakukan penilaian dengan metode yang tepat, objektif, dan tangguh.

Berikut Kumpulan Aplikasi Penilaian Harian K13 Lengkap yang dapat digunakan dalam proses penilaian peserta didik dan sebagai kelengkapan administasi belajar mengajar di sekolah.

No Aplikasi Penilaian Harian K13 Download Disini
1 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 1 Tema 1 Download
2 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 1 Tema 2 Download
3 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 1 Tema 3 Download
4 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 1 Tema 4 Download
5 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 2 Tema 5 Download
6 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 2 Tema 6 Download
7 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 2 Tema 7 Download
8 Aplikasi Penilaian Harian K13 Sem 2 Tema 8 Download

Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023-2024 Lengkap, Lihat Disini !

Kalender Pendidikan merupakan pengaturan untuk waktu dalam proses belajar mengajar pada satuan pendidikan dengan periode satu tahun pembelajaran. Kalender Pendidikan ini berisikan tentang tanggal tahun pembelajaran baru, jumlah minggu efektif dalam satu tahun ajaran dan hari-hari libur besar. LIHAT KALENDER PENDIDIKAN Pada tahun ajaran baru yang mana dimulainya kegiatan dan proses belajar mengajar di setiap awal semester, selain itu juga minggu efektif pada belajar merupakan banyaknya minggu pada kegiatan proses belajar mengajar dalam satu tahun ajaran. 

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 10 Lengkap !

Ide Merdeka dalam Belajar ialah pendekatan pendidikan yang berikan kebebasan ke peserta didik untuk ambil peranan aktif pada proses evaluasi mereka. Merdeka dalam kerangka ini merujuk pada kebebasan cendekiawan, kreasi, dan otonomi saat belajar. Pada pendekatan tradisionil, proses evaluasi kerap kali memiliki sifat otoriter, di mana guru berperanan sebagai kewenangan tunggal yang sampaikan pengetahuan ke peserta didik. Tetapi, pendekatan Merdeka dalam Belajar mengganti dinamika ini dengan berikan ruangan untuk peserta didik untuk menyampaikan beberapa ide mereka, ajukan pertanyaan, dan mengeruk pengetahuan secara berdikari. Salah satunya faktor penting pada ide Merdeka dalam Belajar ialah pemberian tanggung-jawab ke peserta didik atas proses evaluasi mereka sendiri. Mereka didorong menjadi pimpinan dalam perolehan arah evaluasi mereka. Guru berperanan sebagai fasilitator dan pembina, berikan tutorial, sumber daya, dan support yang dibutuhkan, tetapi berikan kebebasan ke peserta didik u

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7 Lengkap !

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Unit Pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar sebagai ide pendidikan yang mempunyai tujuan untuk memberi kebebasan ke peserta didik dalam tentukan jalannya proses evaluasi. Dalam implikasinya, kurikulum ini berikan kelonggaran untuk pelajar untuk tentukan opsi mata pelajaran, sistem evaluasi, dan pengalaman belajar yang sesuai ketertarikan, talenta, dan keperluan pribadi mereka. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada unit pendidikan jadi cara penting pada membuat bertambah pengalaman belajar peserta didik dan berikan imbas positif pada evaluasi. LIHAT PERANGKAT IKM KELAS 7 Salah satunya faktor kunci dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ialah pemberian kebebasan pemilihan mata pelajaran. Peserta didik diberi kelonggaran untuk pilih mata pelajaran yang sesuai ketertarikan dan kekuatan mereka.