Cara Agar Tidak Kena Sebar Data Pinjol Ilegal

Apa itu sebar data pinjol?

Yang dimaksud dengan sebar data pinjol ini yaitu Data Anda saat mengajukan pinjaman online disebar oleh pihak pinjol ke seluruh teman Anda melalui daftar kontak yang ada di hp Anda yang sudah mereka sadap sebelumnya. Kasus seperti ini kerap terjadi saat Anda mengajukan pinjaman online di pinjol ilegal.

Saat Anda belum mampu membayar pinjaman tepat waktu, kejadian seperti ini bisa saja terjadi jika Anda berurusan dengan pinjol ilegal. Lalu jika sudah terlanjut pinjam disana, apakah ada cara biar data kita tidak disebar data oleh mereka?

Tentu selalu ada jalan untuk setiap masalah. Begitupun dengan kasus sebar data pinjol ini. Beberapa caranya diantaranya:

Lakukan Tindakan Pencegahan

Mulai dari hal yang paling mendasar, sedia payung sebelum hujan. Pinjol ilegal semuanya pasti akan menyadap semua kontak kita saat kita pertama kali membuka aplikasinya dan memberikan izin akses kontak. Kalo kita tidak izinkan aplikasi untuk akses kontak, maka apknya tidak akan bisa lanjut ke tahap pengajuan. Jadi mau tidak mau kita harus izinkan jka mau meminjam disana. Sepertii itulah sistem pinjol.

Solusinya, amankan kontak penting Anda terlebih dahulu sebelum Anda mengizinkan akses kontaknya. Anda ekspor dulu kontak penting ke tempat lain, lalu setelah di ekspor, silahkan hapus dulu kontak penting yang ada di hp Anda, sisakan beberapa kontak yang tidak penting saja.

Nanti setelah berhasil mengajukan, hapus aplikasinya dan kembalikan lagi kontak penting yang sebelumnya di ekspor. Hal ini dilakukan buat jaga-jaga jika suatu saat mereka melakukan sebar data, hanya ke kontak yang tidak pentingnya saja yang kena. Karena kontak pentingnya tidak kena sadap mereka.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur ada kontak penting yang disadap? Simak dibawah ini:

Minimalisir Kemungkinan Sebar Data

Cara terbaik untuk menghindari data Anda disebar adalah dengan meminimalisir kemungkinannya. Caranya dengan menonaktifkan kartu sim dan akun whatsapp yang terhubung dengan pinjol tersebut sehingga mereka tidak bisa menghubungi Anda.

Apakah cara ini ampuh?

Hingga saat ini, cara inilah yang paling ampuh. Karena tugas karyawan mereka sebenarnya bukan sebar data saja, tapi banyak. Tidak mungkin semua yang gagal bayar di pinjol ilegal semuanya disebar data. Paling hanya beberapa saja.

Dan biasanya, mereka hanya memilih orang yang disebar datanya itu yg ngeyel dengan mereka atau bikin kesel mereka. Kalau Anda terus terusan membalas chat atau penagihan mereka, Anda hanya akan membuat mereka lebih terfokus kepada data Anda saja.

Setiap harinya ada banyak orang yang gagal bayar disana, bukan Anda saja. Daftar chat mereka pasti banyak. Jika Anda terus meladeni chat mereka, hanya akan membuat nama Anda terus berada di daftar chat paling atas di device mereka. Sebaliknya, jika Anda nonaktifkan kartu sim dan akun wa, nama Anda akan tenggelam ke daftar chat paling bawah. Jadi fokus mereka hanya akan ke orang-orang yang ngeyel dengan mereka.

Sehingga kemungkinan data Anda tidak akan dipilih untuk disebar data. Karena biasanya mereka hanya akan menyebarkan data peminjam yang sering ngeyel atau ngelawan mereka sehingga membuat mereka kesal dan akhirnya melakukan aksi sebar data biar hati mereka puas.

Jadi kesimpulannya, jika tidak mau data Anda disebar, segera putuskan jalur komunikasi dengan mereka minimal 1 hari sebelum jatuh tempo. Setelah beberapa waktu (Minimal 45 hari) Silahkan aktifkan kembali kartu sim tersebut jika penting buat Anda. Itulah cara agar tidak kena sebar data dari pinjol ilegal. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak