Cara cek slik OJK online dengan mudah melalui hp anda

Tahukah Anda apa itu SLIK OJK?

SLIK OJK merupakan Sistem berupa informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berfungsi untuk melakukan pengawasan data pelayanan informasi keuangan menggantikan BI Checking. 

Peralihan ini sudah ditetapkan didalam UU No. 21 tahun 2011 yang menetapkan peralihan layanan sistem informasi debitur (SID) dari BI ke OJK. Tujuan dari SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) tersebut adalah untuk memperluas SID. Jumlah data yang tercatatpun tentu jangkauannya lebih luas lagi.

Tanpa basa basi, langsung saja saya jelaskan bagaimana tutorialnya mengecek data SLIK OJK anda sendiri langsung dari hp anda. Cara cek SLIK OJK langsung dari hp:

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah silahkan anda daftarkan pengajuan cek SLIK OJKnya disini: https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/registrasi

Setelah itu akan muncul tampilan halaman seperti dibawah ini:


Lalu isilah kolom jenis permohonan,tanggal layanan,dan Kantor ojk. Nantinya akan muncul sisa kuota pada tampilan kalender di sebelah kanan.

Jika muncul notif"Kuota habis" artinya pendaftaran di tanggal tersebut sudah penuh. Silahkan anda cari lagi ke tanggal berikutnya hingga anda menemukan kuota yang tersedia seperti gambar dibawah ini:

Setelah anda sudah menemukan kuota tersedia seperti gambar diatas, pilih salah satunya kemudian tekan tombol lanjut. Setelah itu anda akan menuju halaman formulir registrasi. Silahkan anda isi kolom kosong yang ada sesuai dengan identitas data diri anda.

Catatan:
1. IDEB yang diberikan hanya dapat digunakan oleh Debitur yang bersangkutan untuk kepentingan sebagaimana yang dijelaskan dalam Formulir Permohonan IDEB yang disampaikan kepada OJK.

2. OJK selaku pengelola data tidak bertanggung jawab terhadap kebenaran dan keakuratan informasi yang terdapat dalam IDEB.

3. Segala akibat hukum yang timbul sehubungan dengan pemberian dan penggunaan IDEB sepenuhnya merupakan tanggung jawab Pemohon dan OJK dibebaskan dari segala tuntutan. Jika anda sudah mengisi data diatas, masukan captcha dan tekan tombol kirim.

4.Setelah itu dalam beberapa hari anda akan mendapatkan email dari OJK dengan seruan untuk mengirimkan data anda berupa e-ktp dan KK ke nomer whatsapp yang sudah di tentukan email tersebut seperti gambar dibawah ini:





Jika sudah, Jangan lupa print out formulir permohonan Slik OJK yang anda dapatkan dari email tersebut lalu kirimkan ke nomor wa yang di instruksikan bersama foto ktp dan selfie anda. Setelah itu data slik ojk anda akan dikirim saat itu juga setelah berhasil diverivikasi kecocokan data diri.

Sekian ulasan saya mengenai cara cek slik OJK online dengan mudah melalui hp anda. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak