Langkah Belajar Efisien dan Efektif, Belajar Jadi Lebih Membahagiakan

Belajar tentu saja jadi hal yang harus untuk beberapa siswa. Tapi, bukan hanya beberapa siswa saja yang harus beraktivitas itu. Mahasiswa, karyawan kantoran atau seorang dosen juga perlu belajar. Misalkan belajar untuk ikuti test CPNS, belajar untuk masuk ke perguruan tinggi atau belajar untuk melamar kerja.

Kenyataannya, memang semuanya orang sanggup beraktivitas belajar. Namun yang kuasai langkah belajar efisien dan efisian lah yang sanggup mempernyerap hasil belajar lebih bagus. Nach, bagaimana sich langkah belajar efisien dan efektif?

Langkah Belajar Efisien dan Efektif, Belajar Jadi Lebih Membahagiakan

Tak perlu cemas, pada artikel ini kali akan membahas mengenai langkah belajar efisien dan efektif yang sanggup mengoptimalkan hasil belajar dan raih mimpimu

1. Tentukan arah

Langkah belajar efisien dan efektif yakni diawali dengan memutuskan arah atau sasaran. Contoh arahmu belajar untuk masuk perguruan tinggi terkenal di Indonesia. Dengan masuk perguruan tinggi itu, kamu harus mempunyai nilai yang tentu saja oke.

Maka dari itu tentukan arah yang sebisa cukup berarti untuk memicu semangatmu. Misalkan seperti ujian semester kelak, kamu akan menarget memperoleh minimum 80 untuk pelajaran Matematika.

Tentukan arah menjadi sebuah motivasi bila kamu mulai berasa kehilangan ketertarikan untuk belajar. Mempunyai arah yang terang menolong kamu masih tetap konsentrasi dan stabil sepanjang proses belajar.

2. Mengatur Agenda Belajar

Langkah belajar efisien dan efektif yang ke-2  ialah atur agenda belajarmu. Dalam masalah ini kamu harus disiplin dalam mematuhi jam belajarmu. Contoh dari jam 7 malam sampai jam 8 malam kamu harus belajar. Janganlah lupa untuk istirahat sepanjang 5-10 menit saat kamu sedang belajar.

Belajar tiap hari adalah kunci supaya hasil belajarmu semakin banyak teresap ke otak, dibanding dengan belajar dengan mekanisme mengebut tadi malam. Bahkan juga bila kamu cuma habiskan 20 menit untuk belajar, itu lebih bagus dibanding tidak sama sekalipun.

3. Buat Situasi Belajar yang Nyaman

Buat situasi belajar yang nyaman supaya kamu masih tetap konsentrasi saat belajar. Sebagian orang terlatih dengan situasi yang sepi dan sedikit masalah, karena itu dapat belajar dalam perpustakaan atau cafe yang tenang.

Tapi, ada pula seorang yang belajar bisa lebih cepat teresap bila sekalian dengarkan musik. Semuanya bergantung diri kamu, ketahui diri kamu dan buat situasi belajar senyaman mungkin.

4. Membuat Rangkuman

Langkah belajar efisien dan efektif seterusnya dengan membuat rangkuman hasil dari belajarmu. Kamu dapat menulis pokok-pokok penting. Dapat berbentuk beberapa poin berbahan belajarmu dalam sebuah buku, seperti rumus. Ini akan gampang untuk pahami pokok dari evaluasi itu.

Saat membuat ringkasan, sebenarnya kamu sedang mengulang-ulang materi yang sudah didapat. Perulangan ini menolong kamu mengingat lagi catatan lebih efisien. Coba mengopi catatan saat sebelum ulangan atau ujian untuk menolongmu ingat materi lebih bagus.

Janganlah lupa membuat rangkuman dengan kalimat yang kamu bikin sendiri. Tuliskan materi dalam kalimat yang kamu bikin sendiri akan menolongmu lebih ingat beberapa poin penting yang sudah kamu dalami.

5. Buat Akronim yang Gampang Dikenang

Kamu kerap lupa materi pelajaranmu? Kamu dapat memakai akronim yang gampang dikenang. Misalnya, jika perlu ingat catatan mengenai azas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, adil dan jujur. Kamu dapat memakai serangkaian kata yang gampang dikenang seperti 'Lu Be R Ju Dil'.

Atau mengintar mengenai elemen kelompok 2A atau alkali tanah (Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra), kamu dapat memakai serangkaian kata yang gampang dikenang seperti 'Beli Mangga Campur Sirup Berbau Toksin'. Dengan memakai akronim yang gampang dikenang dapat memudahkan kamu untuk ingat hasil belajarmu.

6. Ketahui Bukan Mengingat

Sebagian orang salah saat belajar pada ini. Kerap kali seorang justru mengingat materi bukan pahaminya. Walau sebenarnya, sekadar mengingatkan pelajaran cuma akan efisien untuk ujian atau jangka waktu pendek. Dalam periode panjang, pengetahuan yang dihafalkan cuma akan gampang untuk dilalaikan dan tidak tinggalkan faedah apa saja.

7. Tidak boleh Malu Menanyakan

Tidak boleh enggan untuk menanyakan bila kita tidak pahami suatu hal atau alami kebuntuan pada suatu pengetahuan. Kamu belajar karena kamu memanglah tidak pahami, karena itu bila kamu kesulitan tidak boleh sangsi selalu untuk menanyakan. Kamu dapat menanyakan ke temanmu, belajar bersama atau mungkin dialog sanggup membuat belajar jadi lebih membahagiakan.

8. Pantang Berserah

Bila semuanya sudah kamu kerjakan dan belum juga capai sasaran, bukan berati kamu tidak berhasil. Ingat-ingatlah jika kamu tidak pernah dapat bila tidak membuat kekeliruan. Masih tetap optimis dan terus usaha.

Masih tetap tenang dan tidak mudah menyerah. Tidak ada jalan singkat dalam kehidupan. Begitu halnya memburu sebuah mimpi, tidak ada jalan singkat untuk raih mimpimu. Karena itu jangan sampai berserah untuk selalu belajar.

Nach, di atas ialah langkah belajar efisien dan efektif yang dapat kamu kerjakan. Selamat belajar!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak