Perangkat Kurikulum Merdeka Fiqih

Fiqih adalah pelajaran yang diberikan di Madrasah Kurikulum Merdeka. Dalam kerangka ini, Madrasah Kurikulum Merdeka mengarah pada pendekatan pendidikan yang berikan kebebasan pada pelajar untuk pelajari beberapa materi agama lebih interaktif dan kontekstual. Pelajaran Fiqih mempunyai tujuan untuk memberi pengetahuan dalam mengenai hukum-hukum Islam dan beberapa prinsip norma yang dibutuhkan di kehidupan setiap hari.

Perangkat Kurikulum Merdeka Fiqih

Pelajaran Fiqih di Madrasah Kurikulum Merdeka berikan pendekatan yang holistik dalam pembelajarannya. Beberapa materi yang diberikan mencakup pengetahuan dasar mengenai tuntunan Islam, hukum-hukum agama, adab, dan beberapa kaidah terkait dengan beribadah dan muamalah. Pendekatan ini berusaha untuk menyambungkan di antara teori dan praktek, hingga pelajar bisa pahami dan mengaplikasikan tuntunan-ajaran agama di kehidupan setiap hari mereka.

Dalam pelajaran Fiqih, pelajar akan pelajari beragam jenis ide dan konsep dalam hukum Islam. Mereka akan pahami ide mengenai beribadah, seperti shalat, puasa, dan haji, dan pengetahuan mengenai zakat dan infaq. Disamping itu, pelajar akan pelajari mengenai muamalah, yang mencakup hukum-hukum yang terkait dengan pernikahan, perdagangan, keuangan, dan beberapa masalah sosial yang lain.

Sistem evaluasi yang dipakai dalam pelajaran Fiqih di Madrasah Kurikulum Merdeka ialah lewat dialog, study kasus, dan replikasi. Pelajar dibawa untuk aktif berperan serta pada proses evaluasi, ajukan pertanyaan, share penglihatan, dan cari jalan keluar atas beberapa masalah yang ditemui di kehidupan setiap hari. Dengan begitu, mereka bisa meningkatkan ketrampilan berpikiran krisis, kekuatan berargumentasi, dan rasa tanggung-jawab saat jalankan tuntunan-ajaran agama.

Disamping itu, pelajaran Fiqih mengulas mengenai norma dan moralitas dalam Islam. Pelajar diberikan mengenai beberapa nilai norma yang perlu dijunjung tinggi dalam jalinan dengan setiap orang dan makhluk yang lain. Mereka akan pelajari ide mengenai kejujuran, keadilan, saling menolong, kesetaraan, dan penghargaan pada hak asasi manusia. Ini mempunyai tujuan untuk membuat individu yang bermoral mulia dan bertanggungjawab dalam berhubungan dengan sekitar lingkungan.

Pelajaran Fiqih di Madrasah Kurikulum Merdeka mengajari pelajar untuk pahami keberagaman budaya dan agama. Mereka akan pelajari ide toleran, hargai ketidaksamaan, dan membuat kerukunan antarumat beragama. Dalam kerangka global yang makin tersambung, pengetahuan ini jadi penting untuk membuat warga yang serasi dan sama-sama menghargai.

Lewat pelajaran Fiqih di Madrasah Kurikulum Merdeka, pelajar diharap bisa menginternalisasi beberapa nilai agama dan norma sebagai dasar di kehidupan mereka. Mereka akan sanggup memutuskan yang arif, berperangai sesuai tuntunan Islam, dan berperan positif dalam warga. Lewat pendekatan pendidikan yang inklusif dan fokus pada implementasi tuntunan agama di kehidupan riil, pelajaran Fiqih di Madrasah Kurikulum Merdeka berikan perbekalan penting untuk pelajar menjadi pribadi yang bertanggungjawab dan berpribadi islami.

Dengan begitu, pelajaran Fiqih di Madrasah Kurikulum Merdeka tidak cuma berikan pengetahuan mengenai hukum-hukum agama, tapi juga mengajari beberapa nilai yang bisa membuat watak pelajar jadi pribadi yang memiliki iman, bermoral mulia, dan sanggup berperan positif dalam warga.

Berikut Perangkat Kurikulum Merdeka Fiqih dapat dilihat pada informasi di bawah ini:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak