Terbaru, Jadwal Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kemenag Angkatan 2

Pendidikan Karier Guru (PPG) ialah program pendidikan kelanjutan yang direncanakan khusus untuk menyiapkan calon guru dalam mendapat kapabilitas dan ketrampilan yang dibutuhkan menjadi guru yang berkualitas. PPG umumnya diperuntukkan untuk calon guru yang sudah menuntaskan pendidikan sarjana atau diploma di bagian tertentu dan ingin mendapat kwalifikasi sebagai guru.

Terbaru, Jadwal Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kemenag Angkatan 2

Program PPG umumnya terdiri dari 2 tipe program yakni program PPG dalam kedudukan dan program PPG luar kedudukan. Program PPG dalam kedudukan diperuntukkan untuk calon guru yang telah bekerja sebagai guru masih tetap di sekolah, sedangkan program PPG luar kedudukan diperuntukkan untuk calon guru yang masih belum bekerja sebagai guru atau bekerja di luar sekolah.

PPG biasanya meliputi mata pelajaran seperti psikologi pendidikan, teori dan praktek evaluasi, management kelas, penilaian evaluasi, kurikulum, dan tehnologi pendidikan. Disamping itu, PPG akan mengikutsertakan praktek pengalaman mengajarkan di sekolah, baik berbentuk magang atau pengalaman secara langsung di kelas.

Lewat PPG, calon guru diharap bisa tingkatkan kapabilitas professional mereka dalam mengajarkan dan menuntun pelajar, hingga bisa tingkatkan kualitas pendidikan di sekolah. PPG menyiapkan calon guru untuk hadapi rintangan dan peralihan dalam mekanisme pendidikan yang semakin berkembang.

Disamping itu, program PPG fokus pada peningkatan soft kemampuan seperti kekuatan komunikasi, kekuatan mengurus kelas, dan kekuatan menyesuaikan pada lingkungan kerja yang aktif. Ini akan menolong calon guru untuk mendapat ketrampilan dan sikap yang dibutuhkan menjadi guru yang efisien dan professional.

Sesudah menuntaskan program PPG, calon guru akan memperoleh sertifikasi sebagai guru yang dianggap oleh pemerintahan. Sertifikasi ini memungkinkannya calon guru untuk mendapat lisensi dan penuhi persyaratan untuk mengajarkan di beberapa tipe sekolah, baik di cakupan nasional atau internasional.

PPG mempunyai peranan penting pada tingkatkan kualitas pendidikan keseluruhannya. Dengan latih dan menyiapkan calon guru yang berkualitas, PPG bisa menolong tingkatkan standard pendidikan di beberapa sekolah, yang pada akhirannya akan berpengaruh positif pada perkembangan pendidikan di negara ini.

Keseluruhannya, Pendidikan Karier Guru (PPG) ialah program pendidikan kelanjutan yang direncanakan khusus untuk menyiapkan calon guru dalam mendapat kapabilitas dan ketrampilan yang dibutuhkan menjadi guru yang berkualitas. Program ini mengikutsertakan peningkatan soft kemampuan dan pengalaman praktek edukasi di sekolah, dan memberi sertifikasi sebagai guru yang dianggap oleh pemerintahan.

Berikut Terbaru, Jadwal Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kemenag Angkatan 2 dapat dilihat pada tabel informasi di bawah ini:





No PPG KEMENAG 2023File
1 Juknis PPG Dalam Jabatan Kemenag 2023 Lihat Disini
2 Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Kemenag 2023 Lihat Disini
3 Jadwal PPG Batch-1 2023 Lihat Disini
4 Pembukaan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Lihat Disini

Baca juga:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak