#Kumpulan Materi 30 Hari Ceramah Ramadhan Lengkap Gratis !

Puasa Ramadhan adalah praktek beribadah yang sudah dilakukan oleh umat Islam di penjuru dunia sepanjang sebulan penuh tiap tahunnya. Di tahun 2023, Puasa Ramadhan diharap akan diawali di tanggal 24 Maret dan usai di tanggal 24 April, sepanjang 30 hari.

Kumpulan Materi 30 Hari Ceramah Ramadhan Lengkap Gratis !

Puasa Ramadhan sebagai wajib untuk umat Islam yang telah baligh atau sudah capai umur dewasa. Sepanjang bulan Ramadhan, umat Islam diharap untuk mengendalikan diri dari makan, minum, dan semua wujud kegiatan yang dipandang menggagalkan puasa dari keluar fajar sampai tenggelam matahari.

Selainnya mengendalikan diri dari beberapa hal yang menggagalkan puasa, umat Islam diharap tingkatkan aktivitas beribadah dan religiusitas, seperti membaca Al-Quran, berdoa, dan melakukan zikir. Disamping itu, Puasa Ramadhan dipandang seperti saat yang pas untuk melakukan perbuatan kebaikan dan bersedekah ke sama-sama, dan perkuat tali bersilahturahmi dengan keluarga dan rekan-rekan.

Puasa Ramadhan disudahi perayaan Hari Raya Idul Fitri yang umumnya dirayakan bergabung dengan keluarga dan teman dekat dan sama-sama maafkan. Sepanjang Puasa Ramadhan, banyak adat dan rutinitas yang sudah dilakukan oleh umat Islam di penjuru dunia, seperti tarawih, sahur, dan buka puasa bersama-sama.

Tetapi, di tengah-tengah wabah COVID-19 yang berjalan di penjuru dunia, Puasa Ramadhan tahun 2023 kemungkinan sedikit akan berlainan dengan beberapa tahun awalnya. Umat Islam diharap masih tetap jaga prosedur kesehatan dan batasi kegiatan di luar rumah, dan memerhatikan kesehatan badan supaya masih tetap fit sepanjang jalankan beribadah puasa.

Disamping itu, di sejumlah negara kemungkinan ada limitasi berkaitan beribadah berjemaah di mushola atau beberapa tempat beribadah yang lain. Ini tentu saja akan membuat umat Islam harus cari alternative lain untuk jalankan beribadah puasa dan tarawih, seperti lakukan beribadah di dalam rumah atau lewat service streaming langsung.

Meski begitu, Puasa Ramadhan masih tetap jadi peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di penjuru dunia. Selainnya sebagai kewajiban beribadah, Puasa Ramadhan dipandang seperti peristiwa untuk mawas diri, tingkatkan kesabaran, dan perkuat iman dan taqwa.

Maka dari itu, di tengah-tengah keadaan yang belum tentu ini, umat Islam diharap masih tetap semangat jalankan Puasa Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan penghayatan. Mudah-mudahan Puasa Ramadhan tahun 2023 jadi peristiwa yang penuh karunia, kesabaran, dan kenyamanan untuk semua umat Islam di penjuru dunia.

Berikut Kumpulan Materi 30 Hari Ceramah Ramadhan Lengkap Gratis dapat dilihat pada daftar informasi di bawah ini:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak