Langsung ke konten utama

Pinned Post

#Kumpulan Latihan Soal AKMI Lengkap, Lihat Disini !

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Asesmen kompetensi adalah salah satu elemen kunci dalam memastikan kualitas pendidikan. Di Indonesia, Madrasah, atau lembaga pendidikan Islam, juga berusaha untuk memahami sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia adalah alat yang penting dalam menilai pencapaian siswa, mengukur efektivitas pengajaran, dan meningkatkan mutu pendidikan Islam di negara ini. Madrasah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terpenting di Indonesia, memiliki peran yang signifikan dalam mempersiapkan generasi muda Muslim yang berkompeten dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, asesmen kompetensi menjadi instrumen yang sangat penting untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai dengan baik. Asesmen kompetensi di Madrasah Indonesia mencakup beberapa aspek kunci: Pengukuran Kemampuan Akademik: Asesmen ini mencakup pengukuran kemampuan siswa dalam mata pelajaran in

Kumpulan RPP 1 Lembar PAI Semester 2 Lengkap !

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. Secara prinsip, RPP yang kemudian hanya akan menjadi satu lembar itu, merupakan peraturan dari Mendikbud Nadiem Makarim. Ini memang bisa dikatakan memberikan suatu kemudahan bagi guru untuk menjalankan pelaksanaan pembelajaran. Secara administratif bisa lebih sederhana dan simple.

Kumpulan RPP 1 Lembar PAI Semester 2 Lengkap !

Persoalannya adalah bagaimana guru mampu mengelola kelas dengan menggunakan RPP itu, bisa lebih maksimal. Meskipun menggunakan RPP satu lembar itu, tetapi mampu menyampaikan atau mengembangkan ilmunya kepada siswa.

Kalau secara arsip hanya satu lembar dengan pokok tujuan dan beberapa kegiatan. Itu sangat sederhana. Menurut saya pribadi, memang perlu juga bagi seorang guru mengembangkan untuk setiap kegiatan. Artinya ada lampiran.

Satu lembar sebagai gambaran umum atau rancangan garis besarnya. Kemudian bagi guru bagaimana hal itu dijabarkan di dalam lampiran. Misalnya lampiran tentang kegiatan pembelajaran, terkait tentang kegiatan yang harus dilakukan. Berdasarkan tujuan, lalu guru menjabarkannya di dalam kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada pencapaian tujuan.

Kegiatan yang menyenangkan siswa, mengaktifkan siswa, atau membuat siswa belajar secara mandiri. Tentunya dibutuhkan sebuah rancangan-rancangan yang lebih detail. Dimaksudkan ketika berada di lapangan, guru bisa menyesuaikan dengan kondisi.

Termasuk di dalamnya ada unsur penilaian, kalau pada lembar utama mungkin bisa hanya mengatakan, misal menggunakan sistem tertulis atau lisan pada bagian garis besarnya. Tetapi guru juga memerlukan sebuah perancangan yang lebih detail dari garis besar tersebut.

Menurut pemahaman saya, satu lembar RPP bukan berarti hanya menggunakan pegangan itu saja. Tetapi juga bagi guru memerlukan rancangan lebih detail dalam bentuk lampiran-lampiran. Tentu di situ ada fleksibilitas karena sifatnya lampiran.

Artinya seorang guru mengajar meskipun menggunakan RPP yang sama, bisa menjadi berbeda. Hal ini karena mungkin bisa dipengaruhi dari segi waktu. Mengajar saat pagi dengan siang menggunakan materi yang sama, bisa menjadi lain. Saat pagi kondisi masih segar. Sedangkan siang mungkin kondisinya sudah berbeda, tapi guru bisa fleksibilitas.

Prinsip pokoknya adalah kegiatan pembelajaran yang gurunya bisa melakukan sebuah kreatifitas. Hal tersebut menjadi maksud kenapa guru harus memerlukan suatu proses pendetailan dengan melihat kondisi di setiap kelas.

Secara administratif bukan berarti satu lembar itu lalu selesai, tetapi sebagai guru juga bertanggung jawab pada prosesnya. Melalui lampiran-lampiran itu kreatifitas guru akan terbangun.

Sebelumnya pembuatan RPP memang cukup lama, panjang dan terkesan repot. Guru harus membuat RPP untuk jangka waktu satu semester atau satu tahun. Sehingga, membuatnya di awal, kemudian diterapkan di kelas.

Tetapi permasalahannya tidak ada fleksibilitas bagi guru untuk menyesuaikan situasi dan kondisi yang lain. Ketika diterapkan dalam satu kelas bisa berjalan, namun di kelas lain kurang bisa berjalan. Hal yang sebelumnya sudah dibuat akhirnya menjadi kurang berfungsi dengan baik, kalau sistem lama seolah-olah memakai hal itu sebagai patokan harga mati.

Jadi, sekarang RPP satu lembar itu garis besarnya, tetapi guru diharapkan akan membuat lampiran-lampiran sebagai penjabaran dalam suatu pembelajaran yang akan menyesuaikan situasi dan kondisi kelas. Rancangan besar dibuat saat awal karena memang butuh pemetaan dengan satu lembar itu, tetapi lampiran-lampirannya dilaksanakan sesuai fleksibilitas guru saat mengajar.

Berikut Kumpulan RPP 1 Lembar PAI Semester 2 Lengkap yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas nanti, silahkan unduh pada tabel berikut dibawah ini:

RPP PAI 1 LEMBAR SEMESTER 2 LENGKAP
RPP PAI KELAS 1 Unduh Disini
RPP PAI KELAS 2 Unduh Disini
RPP PAI KELAS 3 Unduh Disini
RPP PAI KELAS 4 Unduh Disini
RPP PAI KELAS 5 Unduh Disini
RPP PAI KELAS 6 Unduh Disini

Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023-2024 Lengkap, Lihat Disini !

Kalender Pendidikan merupakan pengaturan untuk waktu dalam proses belajar mengajar pada satuan pendidikan dengan periode satu tahun pembelajaran. Kalender Pendidikan ini berisikan tentang tanggal tahun pembelajaran baru, jumlah minggu efektif dalam satu tahun ajaran dan hari-hari libur besar. LIHAT KALENDER PENDIDIKAN Pada tahun ajaran baru yang mana dimulainya kegiatan dan proses belajar mengajar di setiap awal semester, selain itu juga minggu efektif pada belajar merupakan banyaknya minggu pada kegiatan proses belajar mengajar dalam satu tahun ajaran. 

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 10 Lengkap !

Ide Merdeka dalam Belajar ialah pendekatan pendidikan yang berikan kebebasan ke peserta didik untuk ambil peranan aktif pada proses evaluasi mereka. Merdeka dalam kerangka ini merujuk pada kebebasan cendekiawan, kreasi, dan otonomi saat belajar. Pada pendekatan tradisionil, proses evaluasi kerap kali memiliki sifat otoriter, di mana guru berperanan sebagai kewenangan tunggal yang sampaikan pengetahuan ke peserta didik. Tetapi, pendekatan Merdeka dalam Belajar mengganti dinamika ini dengan berikan ruangan untuk peserta didik untuk menyampaikan beberapa ide mereka, ajukan pertanyaan, dan mengeruk pengetahuan secara berdikari. Salah satunya faktor penting pada ide Merdeka dalam Belajar ialah pemberian tanggung-jawab ke peserta didik atas proses evaluasi mereka sendiri. Mereka didorong menjadi pimpinan dalam perolehan arah evaluasi mereka. Guru berperanan sebagai fasilitator dan pembina, berikan tutorial, sumber daya, dan support yang dibutuhkan, tetapi berikan kebebasan ke peserta didik u

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7 Lengkap !

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Unit Pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar sebagai ide pendidikan yang mempunyai tujuan untuk memberi kebebasan ke peserta didik dalam tentukan jalannya proses evaluasi. Dalam implikasinya, kurikulum ini berikan kelonggaran untuk pelajar untuk tentukan opsi mata pelajaran, sistem evaluasi, dan pengalaman belajar yang sesuai ketertarikan, talenta, dan keperluan pribadi mereka. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada unit pendidikan jadi cara penting pada membuat bertambah pengalaman belajar peserta didik dan berikan imbas positif pada evaluasi. LIHAT PERANGKAT IKM KELAS 7 Salah satunya faktor kunci dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ialah pemberian kebebasan pemilihan mata pelajaran. Peserta didik diberi kelonggaran untuk pilih mata pelajaran yang sesuai ketertarikan dan kekuatan mereka.