Langsung ke konten utama

Pinned Post

#Kumpulan Latihan Soal AKMI Lengkap, Lihat Disini !

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Asesmen kompetensi adalah salah satu elemen kunci dalam memastikan kualitas pendidikan. Di Indonesia, Madrasah, atau lembaga pendidikan Islam, juga berusaha untuk memahami sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia adalah alat yang penting dalam menilai pencapaian siswa, mengukur efektivitas pengajaran, dan meningkatkan mutu pendidikan Islam di negara ini. Madrasah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terpenting di Indonesia, memiliki peran yang signifikan dalam mempersiapkan generasi muda Muslim yang berkompeten dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, asesmen kompetensi menjadi instrumen yang sangat penting untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai dengan baik. Asesmen kompetensi di Madrasah Indonesia mencakup beberapa aspek kunci: Pengukuran Kemampuan Akademik: Asesmen ini mencakup pengukuran kemampuan siswa dalam mata pelajaran in

Kumpulan Modul Pembelajaran PKB Guru Jenjang MI Lengkap !

Kumpulan Modul Pembelajaran PKB Guru Jenjang MI Lengkap. Guru yakni pengajar professional dengan pekerjaan penting mendidik, mendidik, membantu, arahkan, latih, menilainya, dan menyurvei peserta didik pada Pengajaran Anak Umur Awal lajur Pengajaran Resmi, Pengajaran Dasar, dan Pengajaran Menengah.

Kumpulan Modul Pembelajaran PKB Guru Jenjang MI Lengkap !

Agar bisa menjalankan pekerjaan intinya dengan bagus, seorang guru butuh mempertingkat kapabilitas dan performanya secara setahap, bertahap, serta terus-menerus lewat Peningkatan Keprofesian Berkesinambungan (PKB) guru. Karena itu saya menyongsong baik terbitnya modul ini selaku petunjuk semuanya faksi dalam mengerjakan program PKB.

Penambahan Kapabilitas Evaluasi adalah satu diantara konsentrasi usaha Kementerian Agama, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dalam menaikkan mutu madrasah lewat evaluasi bertujuan keahlian berpikiran tingkat tinggi, kontekstual, serta terpadu dengan nilai-nilai keislaman.

Program PKB dilaksanakan ingat luasnya daerah Indonesia dan kualitas pengajaran yang belum rata, maka dari itu kenaikan pengajaran bisa jalan secara masif, sama rata, dan pas objek.

Modul ini diciptakan ikuti arah keputusan Kementerian Agama yang utamakan di evaluasi mengarah di ketrampilan pikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) dan terpadu dengan nilai-nilai keislaman. Keahlian memikir tingkat tinggi yaitu proses pikir kompleks dalam merinci materi, membikin ikhtisar, bangun representasi, mempelajari, dan bangun interaksi dengan mengikutsertakan kesibukan moral yang paling dasar.

Sementara, nilai-nilai keislaman diintegrasikan dalam evaluasi menjadi hidden curriculum maka dari itu terbentuk angkatan unggul sekalian mempunyai iman dan bertakwa dan berbudi pekerti mulia. Target Program PKB ini yakni seluruhnya guru di lokasi NKRI yang bergabung dalam komune guru sama sesuai bagian pekerjaan yang diampu di tempatnya masing-masing.

Komune guru diterangkan mencakup group kerja guru (KKG), Persepakatan Guru Mata Pelajaran (MGMP), serta Perundingan Guru Tuntunan Konseling (MGBK). Bentuk evaluasi yang dipakai dalam modul ini yaitu lewat model Lihat Muka In-On-In maka dari itu guru tak mesti tinggalkan pekerjaan terutamanya di madrasah menjadi pengajar.

Mudah-mudahan modul ini bisa dipakai dengan baik sebagai halnya harusnya hingga bisa memberi inspirasi guru dalam materi serta menjalankan proses evaluasi. Kami berterima kasih atas usaha keras dan kerja cerdik banyak penulis serta seluruh pihak berkaitan yang bisa merealisasikan Modul ini. Mudah-mudahan Allah SWT terus-menerus meridhai serta meringankan usaha yang kita laksanakan. Aamiin.

Berikut ini Kumpulan Modul Pembelajaran Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) Lengkap yang dapat di unduh dan dipelajari sebagai wujud dari pengembangan keprofesian yang berkelanjutan.

Modul Pembelajaran Literasi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023-2024 Lengkap, Lihat Disini !

Kalender Pendidikan merupakan pengaturan untuk waktu dalam proses belajar mengajar pada satuan pendidikan dengan periode satu tahun pembelajaran. Kalender Pendidikan ini berisikan tentang tanggal tahun pembelajaran baru, jumlah minggu efektif dalam satu tahun ajaran dan hari-hari libur besar. LIHAT KALENDER PENDIDIKAN Pada tahun ajaran baru yang mana dimulainya kegiatan dan proses belajar mengajar di setiap awal semester, selain itu juga minggu efektif pada belajar merupakan banyaknya minggu pada kegiatan proses belajar mengajar dalam satu tahun ajaran. 

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 10 Lengkap !

Ide Merdeka dalam Belajar ialah pendekatan pendidikan yang berikan kebebasan ke peserta didik untuk ambil peranan aktif pada proses evaluasi mereka. Merdeka dalam kerangka ini merujuk pada kebebasan cendekiawan, kreasi, dan otonomi saat belajar. Pada pendekatan tradisionil, proses evaluasi kerap kali memiliki sifat otoriter, di mana guru berperanan sebagai kewenangan tunggal yang sampaikan pengetahuan ke peserta didik. Tetapi, pendekatan Merdeka dalam Belajar mengganti dinamika ini dengan berikan ruangan untuk peserta didik untuk menyampaikan beberapa ide mereka, ajukan pertanyaan, dan mengeruk pengetahuan secara berdikari. Salah satunya faktor penting pada ide Merdeka dalam Belajar ialah pemberian tanggung-jawab ke peserta didik atas proses evaluasi mereka sendiri. Mereka didorong menjadi pimpinan dalam perolehan arah evaluasi mereka. Guru berperanan sebagai fasilitator dan pembina, berikan tutorial, sumber daya, dan support yang dibutuhkan, tetapi berikan kebebasan ke peserta didik u

#Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7 Lengkap !

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Unit Pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar sebagai ide pendidikan yang mempunyai tujuan untuk memberi kebebasan ke peserta didik dalam tentukan jalannya proses evaluasi. Dalam implikasinya, kurikulum ini berikan kelonggaran untuk pelajar untuk tentukan opsi mata pelajaran, sistem evaluasi, dan pengalaman belajar yang sesuai ketertarikan, talenta, dan keperluan pribadi mereka. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada unit pendidikan jadi cara penting pada membuat bertambah pengalaman belajar peserta didik dan berikan imbas positif pada evaluasi. LIHAT PERANGKAT IKM KELAS 7 Salah satunya faktor kunci dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ialah pemberian kebebasan pemilihan mata pelajaran. Peserta didik diberi kelonggaran untuk pilih mata pelajaran yang sesuai ketertarikan dan kekuatan mereka.